ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KELAS RAWAT INAP STANDAR (KRIS) TERHADAP CUSTOMER PERCEIVED VALUE DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR

Rahmah, Nailah Nur (2025) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI KELAS RAWAT INAP STANDAR (KRIS) TERHADAP CUSTOMER PERCEIVED VALUE DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. TADJUDDIN CHALID MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of Skripsi Nailah Nur Rahmah.pdf] Teks
Skripsi Nailah Nur Rahmah.pdf

Download (8MB)

Abstrak

Latar Belakang, Standar pelayanan rumah sakit merupakan faktor penting dalam menjamin kualitas layanan yang diterima pasien. Pelayanan berkualitas tinggi dapat meningkatkan customer perceived value. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan dengan mengimplementasikan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) di RS. Berdasarkan Laporan Tahunan Standar Pelayanan Minimal RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar, kepuasan pasien rawat inap menurun dari 86,12% tahun 2021 menjadi 85,11% tahun 2022. Implementasi KRIS mengubah layanan yang telah berjalan akan berdampak pada customer perceived value. Tujuan, Untuk mengetahui pengaruh Implementasi KRIS terhadap Customer Perceived Value di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Metode, Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampel berjumlah 284 pasien rawat inap dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square dan regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dan Kesimpulan, Hasil uji chi-square menunjukkan terdapat pengaruh signifikan (p-value < 0,05) yaitu Komponen Bangunan, Ruang Rawat Inap Dibagi Berdasarkan Jenis Kelamin, Usia, Jenis Penyakit, Kepadatan Ruang Rawat, Kamar Mandi Dalam Ruangan, Outlet Oksigen, sementara yang tidak berpengaruh signifikan (p-value > 0,05) yaitu Ventilasi Udara, Pencahayaan Ruangan, Kelengkapan TT, Nakas Per TT, Suhu dan Kelembaban, Tirai/Partisi Antar TT, Kamar Mandi Sesuai Standar Aksesibilitas terhadap Customer Perceived Value di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Hasil Uji F diperoleh Fhitung = 11,268 > Ftabel = 3,874, dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh simultan 12 Kriteria KRIS terhadap customer perceived value. Saran, Rumah sakit harus memastikan seluruh kriteria KRIS diterapkan secara konsisten dan diperbarui secara berkala.
Kata Kunci : Kelas Rawat Inap Standar, Customer Perceived Value, Rumah Sakit

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Kelas Rawat Inap Standar, Customer Perceived Value, Rumah Sakit
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Musdalfah Budiman
Date Deposited: 28 Jul 2025 09:05
Last Modified: 28 Jul 2025 09:05
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item
View Item