GAMBARAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PENGGUNA APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT(SIMRS) DIRUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR

Wardana, Siska Ramdani (2024) GAMBARAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PENGGUNA APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT(SIMRS) DIRUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI SISKA RAMDANI W.pdf] Teks
SKRIPSI SISKA RAMDANI W.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Latar Belakang Sistem informasi yang telah terkomputerisasi mempunyai
keunggulan dalam hal ketepatan dan keakuaratan proses pengelolaan
data, sehingga dapat meminimalkan kesalahan yang ditimbulkan dan
mempengaruhi kualitas pelayanan. Meskipun ada kemajuan yang
signifikan, digitalisasi layanan kesehatan di Indonesia masih menghadapi
beberapa tantangan, akibat yang terjadi jika tingkat kompetensi pegawai
yang kurang paham menggunakan SIMRS dapat memperlambat proses
administrasi dan pelayanan medis, kesalahan dalam memasukkan data
pasien, diagnosa, dan perawatan, yang dapat berakibat fatal. Tujuan
Penelitian, untuk mengetahui gambaran kompetensi sumber daya
manusia (SDM) Pengguna aplikasi sistem informasi manajemen rumah
sakit (SIMRS) di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Metode Jenis
penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian
ini dilakukan di setiap unit terintegrasi SIMRS di Rumah Sakit
Bhayangkara Makassar dengan 177 responden yang di tentukan melalui
teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis univariat. Hasil dan kesimpulan, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kompetensi SDM yang diteliti indikator kompetensi pengembangan
diri mendapatkan jumlah pengembangan diri 156 persentase 89,3%
profesional 164 persentase 92.7%, penguasaan teknologi 166 persetanse
93,8, jenjang pendidikan 160 persentase 90,4%, keahlian 154 persentase
87,0% dapat disimpulkan pernyataan kompentensi penguasaan teknologi
yang paling dijawab oleh responden mendaptkan hasil tertinggi dari
indikator lainnya. Saran, diharapkan Rumah Sakit Bhayangkara selalu
melakukan pelatihan terhadap SDM setiap perkembangan teknologi agar
dapat membantu proses layanan di rumah sakit lebih mudah karena SDM
yang kompeten akan meningkatkan kinerja yang baik bagi rumah sakit
sendiri.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Kompetensi, SDM,Aplikasi SIMRS, Rumah Sakit
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Administrasi dan Rekam Medis
Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 06 Oct 2025 06:57
Last Modified: 06 Oct 2025 06:57
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item
View Item