Indahyani, Nur (2024) GAMBARAN PENANGANAN KELUHAN PASIEN PADA PELAYANAN MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
SKRIPSI NUR INDAHYANI (202001032).pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstrak
Latar Belakang Sebagai rumah sakit rujukan, keluhan dari pasien seringkali
terjadi, terutama dengan meningkatnya jumlah kunjungan setiap tahun. Pelayanan
kesehatan yang bersifat multidisiplin berpotensi menyebabkan tumpang tindih dan
konflik antarprofesi, serta keterlambatan dalam pemeriksaan dan tindakan.
Komunikasi yang kurang efektif sering kali menjadi penyebab utama kesalahan,
baik dalam tim medis maupun antara petugas dan pasien, dengan tingkat
presentase kesalahan berkisar antara 70-80%. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui Gambaran Penanganan Keluhan Pasien pada Pelayanan
Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jenis penelitian ini
yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Teknik
penentuan sampel dengan menggunakan accidental sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan
teknik analisis data univariat. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan
bahwa responden berdasarkan pada variabel empathy (empati), kecepatan
penanganan keluhan, kewajaran / fairness, kemudahan komunikasi dan
pelayanan medis rawat jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar dari 80
responden paling banyak pada kategori baik, yakni sebanyak 80 (100%)
responden. Saran kepada pihak rumah sakit untuk memperhatikan sikap empati
petugas Kesehatan kepada pasien dengan tidak memandang status dan dapat
memahami apa yang dibutuhkan pasien, petugas Kesehatan segera menanggapi
keluhan pasien dan langsung melakukan Tindakan, melakukan pelayanan kepada
pasien secara adil dan petugas Kesehatan harus memperhatikan sikap dan
komunikasi pada saat berbicara kepada pasien.
| Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
|---|---|
| Kata Kunci: | Keluhan Pasien, Pelayanan Medis, Rawat Jalan |
| Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
| Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
| Depositing User: | Hardiyanti Arif |
| Date Deposited: | 05 Oct 2025 08:59 |
| Last Modified: | 05 Oct 2025 08:59 |
| URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/878 |
