PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALITY PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

Mildawati, Mildawati (2024) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER LOYALITY PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI MILDAWATI (202001073).pdf] Teks
SKRIPSI MILDAWATI (202001073).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Latar Belakang, Pesaingan yang ketak menyebabkan rumah sakit harus
menerapkan orientasi pada kepuasan pasien dan loyalitas pelanggan sebagai
tujuan utama. Pasien merasa puas dengan layanan yang diberikan, maka pasien
tersebut akan kembali lagi untuk menikmati jasa yang diberikan. Tujuan peneliti,
untuk mengetahui pengaruh customer relstionship marketing dan customer value
terhadap customer loyality pada pasien rawat jalan di RSUD syekh yusuf
kabupaten gowa tahun 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu
jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study.
Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 390 orang. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan
teknik analisis univariat, analisis bivariate, dengan uji chi-square, dan analisis
multivariate dengan regresi logistik. Hasil dan kesimpulan, Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara customer relstionship marketing
terhadap customer loyality ( P-Value = 0,000 < 0,05 ), hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Customer Value terhadap
Customer loyality ( P-Value = 0,000 < 0,05 ). Dari hasil uji F diperoleh F hitung >
F tabel dimana 2.301 > 2.63 dan nilai signifikansi 0.101, artinya Customer
Reletionship Marketing dan Customer Value tidak berpengaruh secara simultan
terhadap Customer Loyality pada pasien rawat jalan RSUD Syekh Yusuf
Kabupaten Gowa. Saran Diharapakan kepada pihak RSUD Syekh Yusuf
Kabupaten Gowa agar memberikan informasi yang jelas dan transparan
mengenai biaya layanan seperti menyediakan berbagai opsi pembayaran dan
paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Dengan meningkatkan
nilai pelanggan melalui kualitas layanan, personalisasi, transparasi dan inovasi,
rumah sakit dapat membangun loyalitas pasien yang kuat dan berkelanjutan

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: customer relationship marketing, customer value, customer loyality, rumah sakit
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 05 Oct 2025 07:55
Last Modified: 05 Oct 2025 07:55
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item
View Item