PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN IBU PASCA BERSALIN PENGGUNA BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSIA ANANDA TAHUN 2024

Khatimah, Khusnul (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN IBU PASCA BERSALIN PENGGUNA BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSIA ANANDA TAHUN 2024. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI KHUSNUL KHATIMAH.pdf] Teks
SKRIPSI KHUSNUL KHATIMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang. Salah satu upaya kesehatan masyarakat (UKM) esensial
adalah penguatan pelayanan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana
Pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memuaskan bisa diwujudkan
secara bersama antara pasien ibu bersalin sebagai pengguna jasa pelayanan
dan petugas kesehatan di fasilitas kesehatan sebagai penyedia pelayanan
kesehatan salah satu penyedia layanan kesehatan ialah Rumah Sakit.
Tujuan penelitian Untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan ibu pasca bersalin pengguna BPJS di RSIA Ananda Makassar
Tahun 2024.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross
sectional.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.931 pasien rawat inap dan
sampel sebanyak 151 responden menggunakan rumus slovin.Data penelitian
ini diperoleh melalui kuesioner yang telah diuji validitas,reliabilitas.Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis inivariat,analisis bivariat dengan uji
chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi linear berganda dengan
bantuan SPSS.Hasil dan Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa
Bukti fisik berpengaruhsignifikan terhadap kepuasan ibu pasca bersalin
pengguna BPJS (p=0,005),Keandalan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan Ibu pasca bersalin pengguna BPJS (p=0,001),Daya tanggap
berpengaruh signifikan terhadap ibu pasca bersalin pengguna BPJS
(p=0,000),Jaminan tidak berpengaruh signifikan tehadap kepuasan ibu pasca
bersalin pengguna BPJS (p=0,434),Empati tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan ibu pasca bersalin pengguna BPJS (p= 0,057).Dari hasil
uji F diperoleh F hitung > F tabel dimana 5,281> 2,28 dan nilai signifikan
0,000.Dengan demikian dapat dikatakan variabel bukti fisik,keandalan,daya
tanggap,jaminan dan empati secara simultan terhadap kepuasan pasien
maka hipotesis diterima.Kesimpulan penelitian ini terdapat tiga variabel yang
berpengaruh dan dua variabel yang tidak berpengatuh.Saran,diharapkan
kepada pihak RSIA Ananda Makassar agar tetap mempertahankan dan
meningkatkan kualitas pelayanan untuk kepuasan pasien.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Bukti fisik Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan pasien, Rumah sakit ibu dan anak
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 05 Oct 2025 03:55
Last Modified: 05 Oct 2025 03:55
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item
View Item