PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN HOSPITAL IMAGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. PADJONGA DAENG NGALLE KABUPATEN TAKALAR

Fadila, Firda (2024) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN HOSPITAL IMAGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. PADJONGA DAENG NGALLE KABUPATEN TAKALAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI FIRDA FADILA .pdf] Teks
SKRIPSI FIRDA FADILA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu variabel penting yang
harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan ketika membandingkan harapan
sesuai dengan pelayanan kesehatan yang diterima organisas di Rumah. Dalam
tiga tahun terakhir data kepuasan pasien di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle
Kabupaten Takalar selama tiga tahun terakhir mengalami fluktuasi yaitu pada tahun
2021 jumlah persentase kepuasan pasien rawat jalan mencapai 85 %, tahun 2022
meningkat menjadi 92%, dan pada tahun 2023 menurun menjadi 83%. Tujuan dari
penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui CRM dan hospital image
terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Padjonga H. Daeng Ngalle
Takalar. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Kuantitatif dengan desain
Cross Sectional Study. Sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 398 responden .
seluruh pasien rawat jalan. Dengan menggunkan teknik simple random sampling.
Penelitian ini menggunakan uji chi square dan analisis regresi aplikasi SPSS. Hasil
penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CRM
(p=0,000) dan hospital image (p=0,000) terhadap kepuasan pasien. Kemudian hasil
uji F diperoleh (p=0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
secara simultan antara CRM dan Hospital Image terhadap kepuasan pasien rawat
jalan di RSUD H Padjonga Daeng Ngalle Takalar. Saran sebaiknya bagi pihak
rumah sakit harus mampu menjaga hubungan baik (CRM)_dengan pasien,
contohnya berkomunikasi dengan baik ketika menjelaskan diagnosa penyakiut
pasien, tujuannnya agar pasien paham akan informasi yang diberikan. Dengan
demikian akan mempengaruhi kepuasan pasien.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Costumer Relationship Management, Hospital Image, Kepuasan Pasien. Rumah Sakit.
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 05 Oct 2025 03:56
Last Modified: 05 Oct 2025 03:56
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item
View Item