Hasan, Fatimah (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN CORPRATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP IMAGE RUMAH SAKIT DI RSUD HAJI MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
SKRIPSI FATIMAH HASAN_202001064.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstrak
Latar Belakang. Image rumah sakit yang baik akan berdampak positif bagi rumah
sakit karena mampu memberikan kepercayaan di mata masyarakat sehingga
terciptanya loyalitas pasien. Akan tetapi masih ada beberapa kekurangan dalam
rumah sakit, salah satunya pemberian pelayanan, di mana waktu penyelesaian
pelayanan masih dirasakan lambat oleh masyarakat dan petugas layanan belum
pernah diberikan pelatihan khusus terkait service excellent. Dengan
masalah/kekurangan tersebut dapat berpengaruh terhadap image rumah sakit,
maka diperlukan perbaikan- perbaikan, serta peningkatan kualitas pelayanan.
Tujuan Penelitian, untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Dan
Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Image Rumah Sakit Di RSUD
Haji Makassar. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan study cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
345 responden, dengan menggunakan teknik Simple Rendom Sampling.
Penelitian ini menggunakan uji chi-square. Hasil dan Kesimpulan penelitian ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan kualitas pelayanan terhadap image
rumah sakit di RSUD Haji Makassar, diperoleh nilai p-value = 0,272 < 0,05, tidak
terdapat hubungan corporate social responsibility terhadap image rumah sakit di
RSUD Haji Makassar, diperoleh nilai p-value = 0,133 < 0,05, tidak terdapat
pengaruh kualitas pelayanan dan corporate social responsibility terhadap image
rumah sakit di RSUD Haji Makassar . Saran kepada pihak RSUD Haji Makassar
untuk lebih mengerti perasaan pasien atas dasar keinginan dan keluhan pasien
dan lebih terbuka atas program CSR yang dilakukan, sehingga tidak timbulnya
kecurigaan masyarakat.
| Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
|---|---|
| Kata Kunci: | Kualitas Pelayanan, Corporate Social Responsibility (CSR), Image Rumah Sakit |
| Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
| Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
| Depositing User: | Hardiyanti Arif |
| Date Deposited: | 04 Oct 2025 06:23 |
| Last Modified: | 04 Oct 2025 06:23 |
| URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/862 |
