PENGARUH SERVICE EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH (RSKD) DADI PROVINSI SULAWESI SELATAN

Reskyana R, Fadilla (2024) PENGARUH SERVICE EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH (RSKD) DADI PROVINSI SULAWESI SELATAN. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI FADILLA RESKYANA R.pdf] Teks
SKRIPSI FADILLA RESKYANA R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Latar Belakang Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan merupakan
komponen penting dari kinerja organisasi di lingkungan rumah sakit. Ada
beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien diantaranya
kualitas pelayanan medis, waktu tunggu, komunikasi antara pasien dan
tenaga medis, aksesibilitas fasilitas kesehatan, kejelasan informasi tentang
diagnosis dan pengobatan dan service experience. Rumah Sakit Khusus
Daerah Dadi sebagai Rumah Sakit Pemerintah Provinsi Selatan yang
memiliki peran penting dalam menjamin kelangsungan mutu pelayanan
kesehatan. Kepuasan pasien pada tahun 2023 sebanyak 87,39 namun
masih jauh dari standar nasional yaitu 95%. Tujuan Penelitian untuk
mengetahui apakah ada pengaruh Pengaruh Service Experience Terhadap
Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap di RSKD Dadi Provinsi Sulawesi
Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
menggunakan uji Regresi linear berganda. Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis uji simultan F menunjukkan nlai sig. 0.000 yang
berarti nilai sig. 0.00 < 0.05 dan nilai Fhitung 50.762 > Ftabel (2,21) dapat
diartikan bahwa ada pengaruh Service Experience Terhadap Kepuasan
Pasien Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi
Provinsi Sulawesi Selatan. Saran diharapkan pihak rumah sakit
meningkatkan kepuasan pasien, dokter diharapkan tanggap terhadap
kekhawatiran pasien dan diharapkan rumah sakit lebih responsive terhadap
setiap keluhan pasien yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Kepuasan pasien, Service Experience
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 04 Oct 2025 06:22
Last Modified: 04 Oct 2025 06:22
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item
View Item