Arianto, Citra (2024) PENGARUH EXCELLENT SERVICE TERHADAP KEPUASAN PASIEN DAN LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
Skripsi CITRA ARIANTO .pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstrak
Latar Belakang Rendahnya kepuasan menyebabkan pasien beralih ke
rumah sakit lain, sementara loyalitas yang rendah mencerminkan ketidak
mampuan rumah sakit dalam mempertahankan standar kualitas dan
menaggapi umpan balik pasien dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah
pasien di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar menurun dalam
lima tahaun terakhir, mulai dari 2019 hingga 2023. Penurunan ini berdampak
pada pendapatan dan operasional rumah sakit, serta menurunkan kualitas
pelayanan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
Excellent Service Terhadap Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pasien di Rawat
Inap RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah menggunakan desain Cross
sectional study. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah populasi sebanyak
208 responden serta tehnik penarikan sampel yakni dengan menggunakan
rumus slovin dengan mengambil semua populasi menjadi sampel. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner
dengan tehnik analisis data univariat, analisis data bivariat, analisis data.
Hasil dan kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan dari sikap, perhatian, tindakan, kemampuan,
penampilan, dan tanggung jawab terhadap kepuasan pasien,dan terdapat
pengaruh tanggung jawab terhadap loyalitas pasien. Serta tidak terdapat
pengaruh antara sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, dan penampilan
terhadap loyalitas pasien di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar
tahun 2024 di karenakan nilai p < 0,05Tanggung jawab terhadap pasien
tampaknya memiliki dampak positif pada loyalitas pasien di rumah sakit.
| Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
|---|---|
| Kata Kunci: | Excellent Service, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien |
| Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
| Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
| Depositing User: | Hardiyanti Arif |
| Date Deposited: | 04 Oct 2025 06:21 |
| Last Modified: | 04 Oct 2025 06:21 |
| URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/858 |
