Abubakar, Ayu Aprilia Putri (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DAYA KOTA MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
SKRIPSI AYU APRILLA PUTRI ABUBAKAR...pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstrak
Latar belakang, berdasarkan data menunjukkan bahwa jumlah kepuasan pasien
rawat jalan rumah sakit umum daerah kota makassar selama tiga tahun terakhir
yaitu dari tahun 2021 jumlah kepuasan pasien rawat jalan yaitu 80,22%,tahun
2022 jumlah kepuasan pasien rawat jalan yaitu 80,98% dan 2023 jumlah kepuasan
pasien rawat jalan yaitu 81,02%.menurut peraturan kementrian kesehatan republik
indonesia tahun 2016 pada standar pelayanan minimal untuk kepuasan pasien
adalah diatas 95%.Tingkat kepuasan pasien terhadap rsud daya kota makassar
masih dibawah standar pelayanan minimal yaitu 81,02%.Tujuan penelitian untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dengan
kenyataan yang diterima pasien terhadap kualitas pelayanan instalasi rawat jalan
dengan metode servqual di RSUD daya kota makassar. Metode yang digunakan
kuantitatif dengan teknik pengumpulandata kuesioner.penelitian survei dengan
pendekatan seksional silang (cross sectioned),yaitu suatu penelitian dimana
pengumpulan data variabel bebas dan variabel terikat dilakukan sekaligus pada
saat yang sama.Hasil dan Kesimpulan hasil uji analisis servqual menunujukkan
bahwa tidak terdapat gap (perbedaan) yang signifikan antara harapan dan
kenyataan pasien terkait dimensi pelayanan di RSUD Daya Kota Makssar tahun
2024 Ini menunjukkan bahwa rumah sakit telah berhasil memenuhi ekspektasi
pasien dalam hal pelayanan.Saran,dengan adanya penelitian ini, rumah sakit
disarankan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya serta
pemeliharaan rutin terhadap fasilitas dan alat medis harus terus dilakukan agar
tetap sesuai dengan harapan pasien.
| Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
|---|---|
| Kata Kunci: | Kualitas Pelayanan, Rawat jalan, Metode Servqual, Rumah sakit. |
| Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
| Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
| Depositing User: | Hardiyanti Arif |
| Date Deposited: | 04 Oct 2025 06:21 |
| Last Modified: | 04 Oct 2025 06:21 |
| URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/857 |
