Lestary, Ika Ayu (2025) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS KONTEN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN DALAM MEMILIH PELAYANAN DI RSIA PARAMOUNT MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
SKRIPSI IKA AYU LESTARY.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB) | Request a copy
Abstrak
Latar Belakang, salah satu jenis teknologi informasi yang mengalami
pertumbuhan yang cukup pesat adalah media sosial, kini media sosial menjadi
strategi pemasaran fundamental dalam membangun hubungan antara merek dan
konsumen di era digital. Strategi pemasaran melalui media sosial dengan iklan
atau promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat untuk berkunjung.
Tujuan penelitian, untuk mengetahui pengaruh efektivitas konten media sosial
terhadap keputusan pasien dalam memilih pelayanan di RSIA (Rumah Sakit Ibu
dan Anak) Paramount Makassar. Metode, penelitian kuantitatif dengan
pendekatan cross-sectional study dan menggunakan teknik purposive sampling.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan
teknik analisis Univariat, Tabulasi silang, dan Multivariat dengan analisis regresi
linear berganda. Hasil dan kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa
keempat variabel, yaitu context (p = 0,012), communication (p = 0,000),
collaboration (p = 0,000), connection (p = 0,000), masing-masing berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pasien dalam memilih pelayanan. Uji
simultan menghasilkan nilai F hitung (300,817) > F tabel (2,40) dengan
signifikansi 0,000, yang berarti seluruh variabel Independen secara bersama
sama berpengaruh terhadap variabel Dependen. Kesimpulan penelitian ini,
keempat variabel yang digunakan (Context, Communication, Collaboration, dan
Connection) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan
pasien dalam memilih pelayanan di RSIA Paramount Makassar. Saran,
diharapkan rumah sakit terus meningkatkan kualitas konten, responsivitas, dan
lebih mengaktifkan bentuk kolaborasi.
| Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
|---|---|
| Kata Kunci: | Efektivitas; Media Sosial; Keputusan Pembelian; Rumah Sakit |
| Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
| Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
| Depositing User: | Hardiyanti Arif |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:38 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 03:38 |
| URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/819 |
