Nursyamsi, Nursyamsi (2025) ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR TAHUN 2025. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of Skripsi pdf nursyamsi.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi pdf nursyamsi.pdf
Download (9MB)
Abstrak
Latar Belakang Persaingan antar rumah sakit di Indonesia, khususnya di
Kota Makassar, menuntut inovasi dalam strategi pemasaran agar mampu
meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien. Salah satu pendekatan
yang kini banyak digunakan adalah experiential marketing, yaitu strategi
pemasaran yang mengedepankan pengalaman positif pasien. Tujuan
untuk menganalisis pengaruh experiential marketing terhadap repurchase
intention melalui kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit
TK.II 14.05.01 Pelamonia Makassar. Metode Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel sebanyak
382 responden dengan Teknik purposive sampling. Hasil dan
Kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
experiential marketing terhadap repurchase intention (p=0,004), terdapat
pengaruh kepuasan pasien terhadap repurchase intention (p=0,000),
Terdapat pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pasien
(0,000), terdapat pengaruh experiential marketing terhadap repurchase
intention melalui kepuasan pasien(0,000). Saran pihak rumah sakit dapat
meningkatkan kualitas interaksi layanan dan fasilitas guna menciptakan
pengalaman yang berkesan dan mendorong loyalitas pasien dalam jangka
panjang.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Experiential Marketing, Repurchase Intention, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit. |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Keuangan Rumah Sakit |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 07:44 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/622 |