Rahayu M, Resky Amanda (2025) PENGARUH PENERAPAN PATIENT CENTERED CARE TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT MARYAM CITRA MEDIKA TAKALAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of Resky Amanda Rahayu_202103037_S1 ARS_2025.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
Resky Amanda Rahayu_202103037_S1 ARS_2025.pdf
Download (8MB)
Abstrak
Latar belakang, Seiring berkembangnya layanan kesehatan modern, rumah sakit
dituntut untuk tidak hanya memberikan pelayanan yang cepat dan akurat, tetapi
juga berfokus pada kebutuhan, harapan, dan preferensi pasien. Konsep patient
centered care menjadi pendekatan penting dalam meningkatkan kualitas
pelayanan karena menempatkan pasien sebagai pusat dari seluruh proses
perawatan. Patient centered care juga menjadi faktor utama yang memengaruhi
loyalitas dan kepuasan pasien. Tujuan Penelitian, Untuk Mengetahui Pengaruh
Penerapan Patient Centered Care Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Loyalitas
Sebagai Variabel Intervening di Rumah Sakit Maryam Citra Medika Takalar.
Metode, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross
sectional study. Sampel berjumlah 296 pasien dari total populasi 6.748 pasien,
dengan teknik pengambilan sampel secara probability sampling. Data dianalisis
menggunakan teknik path analysis. Hasil dan Kesimpulan, hasil asil uji langsung
menunjukkan bahwa PCC berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai
path coefficient sebesar 0,556 (p = 0,000), terhadap loyalitas pasien sebesar 0,855
(p = 0,000), dan loyalitas terhadap kepuasan sebesar 0,403 (p = 0,000).
Sementara itu, pengaruh tidak langsung PCC terhadap kepuasan melalui loyalitas
menunjukkan nilai sebesar 0,345 (p = 0,000). Maka dapat disimpulkan, variabel
PCC berpengaruh terhadap kepuasan pasien melalui loyalitas pasien di Rumah
Sakit Maryam Citra Medika Takalar. Saran, Rumah Sakit Maryam Citra Medika
Takalar disarankan untuk terus mempertahankan pelaksanaan PCC serta
meningkatkan loyalitas dan kepuasan pasien secara berkelanjutan.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Patient Centered Care, Loyalitas Pasien, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 07:44 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/621 |