HUBUNGAN RESPONS TIME PERAWAT, KESALAHAN MEDIS DAN KOMUNIKASI DENGAN COMPLAINT HANDLING DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSAU DR. DODY SARDJOTO BANDARA MAROS

Febriana, A. Nurratu (2024) HUBUNGAN RESPONS TIME PERAWAT, KESALAHAN MEDIS DAN KOMUNIKASI DENGAN COMPLAINT HANDLING DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSAU DR. DODY SARDJOTO BANDARA MAROS. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI A. NURRATU FEBRIANA_(202001050).pdf] Teks
SKRIPSI A. NURRATU FEBRIANA_(202001050).pdf

Download (4MB)

Abstrak

Latar Belakang Pelayanan kesehatan di rumah sakit menjadi hal penting bagi
pasien untuk melakukan perawatan. Waktu tanggap yang tepat dan efisien
memiliki peran yang besar dalam pengambilan keputusan pasien. Pasien akan
merasa puas apabila pihak rumah sakit yang dituju mampu menangani keluhan
yang pasien ajukan. maka pihak rumah sakit harus menyediakan pelayanan
keperawatan yang baik guna menunjang pemberian perawatan terhadap
pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
respons time perawat, kesalahan medis dan komunikasi dengan complaint
handling dalam pelayanan keperawatan di Instalasi Gawat Darurat RSAU dr.
Dody Sardjoto Bandara Maros. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan
observasi, dengan analisis data univariat dan analisis bivariat. Hasil dan
kesimpulan Ada hubungan antara ketiga variabel yaitu respons time,
kesalahan medis dan komunikasi dengan variabel dependen yaitu complaint
handling. Hal ini dapat dilihat dari nilai Sig. F Change sebesar 0,000 , diketahui
nilai Sig.(2-tailed) (<0,05) maka disimpulkan ada hubungan yang kuat antara
ketiga variabel tersebut. Saran diharapakan kepada pihak di Instalasi Gawat
Darurat RSAU dr. Dody Sardjoto, lebih mempertahankan dan meningkatkan
kompetensi dalam pemberian pelayanan kepada pasien baik dari segi respons
time, kesalahan medis, komunikasi dan complaint handling.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Respons time, Kesalahan Medis, Komunikasi, Complaint Handling
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:14
Last Modified: 28 Aug 2025 02:14
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item
View Item