Asriana, Asriana (2025) PENGARUH PERSONAL MASTERY PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI IGD RSUD SYEKH YUSUF TAHUN 2025. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of 01 SKRIPSI ASRIANA.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
01 SKRIPSI ASRIANA.pdf
Download (3MB)
Abstrak
Latar Belakang, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal
mastery perawat terhadap kepuasan pasien di IGD RSUD Syekh Yusuf tahun
2025. Personal mastery, berdasarkan teori Peter Senge, terdiri dari kesadaran
diri, ketajaman perseptual, penguasaan emosional, dan keterbukaan. Kualitas
pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sangat dipengaruhi oleh kemampuan
personal mastery perawat. Tingginya keluhan pasien terkait komunikasi dan
pelayanan yang tidak responsif di IGD RSUD Syekh Yusuf menandakan
pentingnya peningkatan kapasitas personal perawat. Kepuasan pasien diukur
berdasarkan fasilitas penunjang, pelayanan medis, lingkungan medis, dan
kepercayaan terhadap sistem perawatan kesehatan. Metode, Penelitian
kuantitatif cross-sectional ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data
dari 92 responden pasien di IGD RSUD Syekh Yusuf. Analisis data menggunakan
uji validitas, reliabilitas, univariat, dan bivariat (uji Chi-Square) untuk mengetahui
hubungan antar variabel. Hasil, menunjukkan bahwa indikator kesadaran diri,
ketajaman perseptual, dan penguasaan emosional perawat berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien (p<0.05). Namun, keterbukaan perawat
tidak menunjukkan pengaruh signifikan (p>0.05). Kesimpulan, Personal mastery
perawat menunjukan tiga dari empat indikator, yaitu kesadaran diri, ketajaman
perseptual, dan penguasaan emosional, secara signifikan berkontribusi pada
kepuasan pasien di IGD RSUD Syekh Yusuf. Penelitian ini merekomendasikan
peningkatan keterbukaan perawat dalam interaksi perawat dengan pasien
maupun keluarga pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien dan mutu
pelayanan lebih lanjut.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Personal Mastery, Perawat, Kepuasan Pasien, IGD, Rumah Sakit |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 00:40 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 00:40 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/548 |