ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT RACIKAN DAN NON RACIKAN PADA PASIEN RAWAT JALAN BPJS DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR PADA JANUARI TAHUN 2025

Ismi, Nurul (2025) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT RACIKAN DAN NON RACIKAN PADA PASIEN RAWAT JALAN BPJS DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR PADA JANUARI TAHUN 2025. Diploma thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of 2.KTI NURUL ISMI.pdf] Teks
2.KTI NURUL ISMI.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Waktu tunggu pelayanan resep adalah indikator mutu pelayanan
kefarmasian, dihitung sejak resep diserahkan hingga obat diterima pasien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu
yang dibutuhkan dalam proses pelayanan resep pasien rawat jalan BPJS
di Instalasi Farmasi RSUD Labuang Baji Makassar dan persentase
kesesuaiannya dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Penelitian
menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan
dengan melakukan pengamatan langsung untuk menganalisis kesesuaian
waktu tunggu pelayanan resep, sedangkan metode kuantitatif digunakan
untuk mengukur lama waktu tunggu dalam proses penyelesaian resep,
dengan 100 sampel resep pada Januari 2025. Hasil menunjukkan rata
rata waktu tunggu resep non racikan adalah 18 menit dimana 49 resep
(98%), berdasarkan hasil tersebut sudah sesuai dengan SPM (≤30 menit).
Untuk resep racikan, rata-rata waktu tunggu 52 menit, dimana 28 resep
(56%) sesuai SPM (≤60 menit).

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Diploma)
Kata Kunci: Resep racikan, resep non racikan, waktu tunggu, Instalasi farmasi
Subjek: Farmasi > Kefarmasian
Divisions: Fakultas Kesehatan : D3 Farmasi
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 20 Aug 2025 23:51
Last Modified: 20 Aug 2025 23:51
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item
View Item