ANALISIS FAKTOR EXPERIENTIAL MARKETING PADA MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR

Awalia, Nur Annisa (2024) ANALISIS FAKTOR EXPERIENTIAL MARKETING PADA MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI RSIA SITTI KHADIJAH 1 MUHAMMADIYAH CABANG MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of NUR ANNISA AWALIA_202001028 (2) (1) (1) (1).pdf] Teks
NUR ANNISA AWALIA_202001028 (2) (1) (1) (1).pdf

Download (2MB)

Abstrak

Latar Belakang Keberlanjutan sebuah rumah sakit untuk bertahan di masa depan
sangat tergantung pada kemampuannya merespons kebutuhan dan tuntutan
konsumen melalui penyediaan layanan yang inovatif dan berkualitas. Experiential
Marketing berfokus menciptakan pengalaman positif dan berkesan bagi
konsumen, dimana jumlah pasien rawat inap RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah
Cabang Makassar pada Tahun 2021-2023 mengalami kenaikan jumlah pasien
sebanyak 5.209, dengan menggunakan metode Quality Function Deployment
dapat melihat keinginan dan kebutuhan pasien sehingga mendorong minat
kunjungan ulang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis faktor
Experiential Marketing pada minat kunjungan ulang pasien rawat inap
menggunakan metode Quality Function Deployment di RSIA Sitti Khadijah 1
Muhammadiyah Cabang Makassar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif
dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi pada penelitian ini adalah
5.209 pasien rawat inap, sampel sebanyak 208 responden menggunakan rumus
Slovin. Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang telah di uji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Univariat, analisis
Quality Function Deployment dengan menggunakan matriks House of Quality
dengan bantuan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel. Hasil dan Kesimpulan dari
hasil analisis metode Quality Function Deployment pada indikator Sense (Panca
indera) didapatkan hasil dengan nilai gap -0,14 dengan tingkat kepuasan 96%.
Indikator Fell (Perasaan) didapatkan hasil dengan gap -0,12 dengan tingkat
kepuasan 96,45%. Indikator Think (Cara berpikir) didapatkan hasil dengan nilai
gap -0,05 dengan tingkat kepuasan 98,46%. Indikator Act (Perilaku) didapatkan
hasil dengan nilai gap -0,05 dengan tingkat kepuasan 98,51%. Indikator Relate
(Hubungan) didapatkan hasil dengan nilai gap -0,09 dengan tingkat kepuasan
97,36%. Saran RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar perlu
untuk dilakukan perbaikan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada
indikator yang kurang penilaiannya menurut penilaian pasien.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Experiential Marketing, Minat Kunjungan Ulang, Quality Function Deployment, Rumah Sakit
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:55
Last Modified: 20 Aug 2025 03:55
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item
View Item