PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR

Haswirah, Haswirah (2024) PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of HASWIRAH .pdf] Teks
HASWIRAH .pdf

Download (5MB)

Abstrak

Latar Belakang,Perkembangan industri rumah sakit yang sangat pesat
menyebabkan persaingan bisnis rumah sakit menjadi sangat tajam. Loyalitas
pasien menjadi salah satu factor kunci dalam keberhasilan rumah sakit di era
kompetisi layanan Kesehatan yang semakin ketat, dengan semakin
meningkatnya harapan pasien terhadap pengalaman dan kualitas layanan,
customer experience dan kualitas pelayanan memainkan peran penting dalam
membentuk persepsi dan tiingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian, untuk
mengetahui Pengaruh Customer Experience dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tahun 2024.
Metode, Penelitian kuantitatif dengan metode cross-sectional study.
Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan data primer. Analisis data
menggunakan analisis univariat, Analisis Bivariat dan analisis multivariat. Hasil
dan Kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan secara parsial (uji t) ada
pengaruh customer experience nilai sig (0,002 < 0,05), thitung > ttabel yaitu
3,861>1,650, kualitas pelayanan nilai sig (0,026 < 0,05), nilai thitung > ttabel yaitu
2,233 > 1,650, dan secara simultan (uji f) Fhitung sebesar 10.658 > 3.00 dengan
signifikan 0,000 < 0,05. Maka, terdapat pengaruh customer experience dan
kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien instalasi rawat inap rumah sakit
bhayangkara makassar.saran kepada rumah sakit untuk rutin melakukan
survei kepuasan pasien dan memantau feedback perbaikan layanan.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Customer Experience; Kualitas Pelayanan; Loyalitas Pasien
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 19 Aug 2025 00:43
Last Modified: 19 Aug 2025 00:43
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item