Hajrah, Hajrah (2024) PENGARUH MARKETING MIX DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LANTO DAENG PASEWANG TAHUN 2024. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of Hajrah.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
Hajrah.pdf
Download (6MB)
Abstrak
Latar Belakang. Rumah sakit dapat menciptakan siklus umpan balik positif yang
dapat meningkatkan loyalitas pasien secara signifikan dengan menggabungkan
strategi marketing mix yang efektif dengan praktik CRM yang baik. Memenuhi
kebutuhan dan keinginan pasien dengan baik, rumah sakit dapat membangun
hubungan jangka panjang, menumbuhkan kepercayaan, dan memperkuat
loyalitas pasien. Oleh karena itu rumah sakit harus mempunyai strategi bisnis
yang tepat untuk dapat bertahan dan lebih unggul dari pesaingnya. Tujuan
Penelitian untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan customer relationship
management secara simultan terhadap loyalitas pasien Rawat Jalan Rumah
Sakit Umum Daerah Lanto Dg. Pasewang Tahun 2024. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 61.794 pasien
rawat jalan dan sampel sebanyak 371 responden menggunakan rumus slovin.
Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang telah diuji validitas,
reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis univariat, analisis
bivariat dengan uji chi square dan analisis multivariat dengan uji regresi linear
berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dan Kesimpulan penelitian ini
menunjukkan bahwa marketing mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pasien (p= 0,000), hasil uji T diperoleh (0,005<0,050) customer relationship
management berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien. Sedangkan hasil
uji F diperoleh nilai Fhitung 31,564 > Ttabel 3,02 dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh antara Marketing Mix dan Customer Relationship
Management secara simultan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah
Sakit Umum Daerah Lanto Dg. Pasewang tahun 2024. Saran bagi pihak rumah
sakit agar terus mempertahankan kualitas pelayanannya baik dari segi marketing
mix maupun customer relationship management agar menciptakan loyalitas
pasien.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Marketing Mix, Customer Relationship Management, Loyalitas |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 00:42 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 00:42 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/510 |