Adriana, Eva Dwi (2024) GAMBARAN PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA DI RUMAH SAKIT TK.II 14.05.01 PELAMONIA MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of EVA DWI ADRIANA.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
EVA DWI ADRIANA.pdf
Download (3MB)
Abstrak
Latar belakang, proses pengadaan barang dan jasa berjalan sesuai aturan yang
berlaku, Di rumah sakit Tk.II 14.05.01 Pelamonia Makassar terhadap
kesesuainnya ketentuan peraturan presiden Nomor 54 Tahun 2010 fokus
memperoleh hasil pengadaan sesuai pelayanan kesehatan yang berkualitas.
Tujuan Penelitan, penelitian ini untuk mengetahui gambaran proses pengadaan
barang dan jasa di Rumah Sakit Tk.II 14.05.01 Pelamonia Makassar Tahun 2024.
Metode, menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang
berupa kata-kata tertulis atau lisan, dengan jumlah informan penelitian sebanyak
4 orang dengan data penelitian diperoleh melalui wawancara dan studi
dokumentasi selama penelitian berlangsung, dan menggunakan analisis trigulasi
data. Hasil dan Kesimpulan, Hasil penelitian di Rumah Sakit Tk.II 14.05.01
Pelamonia Makassar melakukan proses pengadaan barang dan jasa sesuai
Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010. Struktur organisasi pengadaan barang
dan jasa di Rumah Sakit Tk.II 14.05.01 Pelamonia Kota Makassar sudah terdapat
pembagian tugas yang jelas antara Kuasa Pengguna Anggaran, Pengguna
Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, pejabat pengadaan, tim komisi dan tim
penerimaan barang. Prosedur sudah efisien dan ekonomis karena dilakukan
secara terstruktur serta melibatkan berbagai unit dalam upaya untuk
mendapatkan harga. Jenis pengadaan yang digunakan yaitu pengadaan
langsung, penggunaan e-katalog baru mencapai 50%. Waktu untuk lama
pekerjaan menggunakan hari kalender, untuk penandatangan dan penomoran,
dokumen menggunakan hari kerja. Jaminan pengadaan barang/jasa yaitu
jaminan pelaksanaan dan jaminan pemeliharaan. Jaminan pelaksanaan hanya
terdapat pada pengadaan yang dilaksanakan secara lelang. Untuk jaminan
pemeliharaan menggunakan E-Katalog maka garansi diberikan selama 2 (dua)
tahun, sedangkan untuk pengadaan lainnya disesuaikan dengan lamanya
pelaksanaan pekerjaan yang besarnya 5% dari harga pekerjaan.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Pengadaan Barang/Jasa, Struktur Organisasi, Prosedur, Jenis pengadaan, Waktu, Jaminan, Rumah Sakit. |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit Administrasi Rumah Sakit > Keuangan Rumah Sakit |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:48 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:48 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/471 |