PENGARUH HUMAN RESOURCES MANAGEMENT (HRM) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD SYEKH YUSUF TAHUN 2024

Agustina, Elvina (2024) PENGARUH HUMAN RESOURCES MANAGEMENT (HRM) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD SYEKH YUSUF TAHUN 2024. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of Elvina Agustina.pdf] Teks
Elvina Agustina.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Latar Belakang, Kasus mogok kerja petugas yang terjadi di RSUD Syekh
Yusuf baru-baru ini terjadi akibat gaji mereka yang belum dibayarkan selama
7 bulan. Petugas kesehatan tersebut mengaku belum menerima jasa JKN,
jasa umum, dan SKTM yang dibayarkan oleh BPJS. Akibatnya, mereka
memilih mogok kerja dan tidak memberikan pelayanan medis kepada pasien,
hal tersebut mengakibatkan ratusan pasien terlantar di rumah sakit dan tidak
mendapatkan pelayanan kesehatan yang mereka inginkan. Tujuan
penelitan, untuk mengetahui pengaruh Human Resources Management
(HRM) terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectiona.
Penelitian ini dilakukan dengan sampel berjumlah 54 responden. Data
penelitian ini diambil melalui dokumentasi, kuesioner, serta observasi
langsung dan teknik analisis data menggunakan uji chi-square dengan
bantuan SPSS. Hasil dan kesimpulan menunjukkan pengkajian pada
variabel tugas kerja diperoleh nilai sig = 0.027 > 0.05 Variabel kualitas kerja
diperoleh nilai sig = 0.350 < 0.05 Variabel kuantitas diperoleh nilai sig =
0.384 < 0.05 Variabel ketepatan waktu diperoleh nilai sig = 0.030 > 0.05
Variabel efektivitas biaya diperoleh nilai sig = 0.373 < 0.05. Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah tugas kerja dan ketepatan waktu memiliki
pengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan sedangkan kualitas kerja,
kuantitas dan efektivitas biaya tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas
pelayanan kesehatan, dan disarankan kepada pihak rumah sakit agar lebih
memperhatikan fasilitas yang ada khususnya fasilitas yang ada di instalasi
rawat jalan agar pasien serta keluarga pasien puas terhadap pelayanan yang
diberikan oleh petugas yang berada di RSUD Syekh Yusuf tahun 2024.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: HRM, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:49
Last Modified: 06 Aug 2025 06:49
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item