PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP JOB SATISFACTION PEGAWAI RSUD HAJI MAKASSAR

Prameswary, Adinda Indah Dara (2024) PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP JOB SATISFACTION PEGAWAI RSUD HAJI MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of Adinda Indah Dara Prameswary.pdf] Teks
Adinda Indah Dara Prameswary.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berfokus pada kepuasan kerja, yaitu kondisi
emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan bagi para pegawai
bagaimana mereka memandang pekerjaannya, Survei kepuasan kerja pada
RSUD Haji Makassar menunjukkan sebanyak 20 dari 38 pegawai (36,36%)
dengan kepuasan kerja kurang baik memiliki kinerja yang kurang baik pula, ada
banyak alasan munculnya ketidakpuasan ini, salah satunya karena kepala
ruangan yang dirasa tidak adil. Hal ini merupakan dampak dari hubungan timbal
balik antara atasan dan bawahan yang biasa disebut dengan Leader Member
Exchange (LMX), yang merupakan teori mengenai hubungan antara pemimpin
dan bawahannya, LMX tidak hanya tentang sikap dan perilaku pemimpin dan
bawahan tetapi juga menekankan tentang kualitas hubungan yang terbentuk.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Contribution, Loyalty, Affect
dan Professional Respect terhadap Job Satisfaction pegawai RSUD Haji
Makassar. Metode Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan
cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 244
pegawai. Hasil dan Kesimpulan penelitian ini menunjukkan uji chi square
Contribution (p=0,008<0,05), Loyalty (p=0,003<0,05), Affect (p=0,000<0,05),
Professional Respect (p=0,000<0,05), dan uji simultan (p=0,000<0,05). artinya
terdapat pengaruh Contribution, Loyalty, Affect, Professional Respect terhadap
Job Satisfaction baik secara parsial maupun simultan. Saran untuk pihak rumah
sakit agar lebih meningkatkan hubungan LMX yang ada agar kepuasan kerja
pegawai juga dapat meningkat.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Leader Member Exchange, Contribution, Loyalty, Affect, Professional Respect, Kepuasan Kerja
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:50
Last Modified: 06 Aug 2025 03:50
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item