Firdayanti, Firdayanti (2024) PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DI RSUD HAJI MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of 202001065_Firdayanti_S Word Lengkap fix.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
202001065_Firdayanti_S Word Lengkap fix.pdf
Download (4MB)
Abstrak
Latar Belakang. Penerapan SIMRS di RSUD Haji Makassar sangatlah
bermanfaat, terutama segala kegiatan yang berkaitan dengan sistem informasi kini
lebih mudah untuk diakses, pengolahan data, penyajian data dan pelaporan lebih
mudah. Proses pelayanan cepat, seperti layanan registrasi online atau
pendaftaran online. Akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dialami
pengguna, seperti masalah jaringan, tidak singkronnya laporan manual dengan
laporan yang di aplikasi SIMRS, susahnya mencari surat kontrol pasien karena
ketidaksesuaian tanggal kunjungan pasien dengan yang terinput di aplikasi SIMRS,
pada aplikasi SIMRS tidak ada pembeda antara pasien yang membayar melalui
JKN PBI dan Non-PBI. Tujuan Penelitian, untuk mengetahui pengaruh kualitas
sistem informasi manajemen rumah sakit dan kualitas layanan terhadap kepuasan
pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit di RSUD Haji Makassar.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan study cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 206
responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan uji analisis regresi linear berganda. Untuk uji hipotesis
menggunakan uji signifikasi parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F), dan
koefisien determinan (R2). Hasil dan Kesimpulan penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh kualitas sistem informasi manajemen rumah sakit
terhadap kepuasan pengguna SIMRS di RSUD Haji Makassar (signifikansi
0,000<0,050), terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna
SIMRS di RSUD Haji Makassar (signifikansi 0,000<0,050), secara simultan
kualitas sistem informasi manajemen rumah sakit dan kualitas layanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMRS di RSUD Haji
Makassar (Fhitung 114,762 > Ftabel 3,040). Saran kepada pihak RSUD Haji
Makassar untuk mengupdate kelengkapan isi aplikasi SIMRS, dan memperbaiki
fitur-fitur yang sering bermasalah
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Kualitas Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pengguna SIMRS |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan Administrasi Rumah Sakit > Teknologi Informasi Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:29 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/450 |