Mardianti, Mardianti (2024) PENGARUH PELAKSANAAN PATIENT CENTERED CARE TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of 1. SKRIPSI MARDIANTI 202001156.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
1. SKRIPSI MARDIANTI 202001156.pdf
Download (10MB)
Abstrak
Latar belakang, patient centered care atau layanan yang berpusat pada
pasien adalah paradigma baru yang bertujuan untuk mencapai hasil
pelayanan Kesehatan yang lebih baik. Beberapa keluhan pasien di Rumah
Sakit Bhayangkara Makassar disebabkan oleh faktor karaktristik pasien
itu sendiri yang mempengaruhi persepsi mereka terhadap kepuasan
pelayanan kesehatan dirumah sakit ,keuhan tetang perilaku petugas,
waktu tunggu, fasilitas, serta kompetensi pelaksana selama pemberian
pelayanan Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
pelaksanaan PCC terhadap kepuasan rawat inap di Rumah Sakit
Bhayangkara Makassar. Metode yang digunakan dalam peneltian ini
adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Studi. Sampel yang
di gunakan dalam penelitian ini yaitu 335 pasien rawat inap di Rumah Sakit
Bhayangkara Makassar,dengan teknik non-probability sampling.
Pengambilan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dan proses
pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan uji chi- square
dengan memanfaatkan program SPSS. Hasil dan Kesimpulan penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan patient
centered care terhadap kepuasan pasien berdasarkan dimensi
menghormati nilai dan kebutuhan pasien (p= 0,001). Dimensi dukunngan
emosional (p= 0,010), kenyamanan fisik (p=0,005),Informasi, komunikasi
dan
edukasi (p= 0,001), Transisi dan kontiunitas perawatan
(p=0,000),Koordinasi dan integrasi pelayanan ( p=0,003), Akses terhadap
pelayanan (p=0,003), Keterlibatan keluarga dan oran g terdekat (p=0,005).
Saran Kepada pihak Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk
meningkatkan pelatihan bagi staf mengenai pentingnya menghormati nilai
dan kebutuhan pasien, serta memperkuat komunikasi yang efektif yang
lebh akurat.
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana) |
---|---|
Kata Kunci: | Patient Centered Care, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit |
Subjek: | Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit |
Depositing User: | Hardiyanti Arif |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:45 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/441 |