HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN BERMAIN GAME TERHADAP POLA TIDUR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI GARUDA

Pratiwi, Intan (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN BERMAIN GAME TERHADAP POLA TIDUR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI GARUDA. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of Intan Pratiwi_202105067_S1 Keperawatan_Revisi-2.pdf] Teks
Intan Pratiwi_202105067_S1 Keperawatan_Revisi-2.pdf

Download (7MB)

Abstrak

Latar belakang, Menurut World Health Organization (WHO) anak usia sekolah
adalah anak yang memasuki usia 7-15 tahun. Penggunaan smartphone dan
bermain game adalah salah satu teknologi dan kegiatan yang memiliki dampak
negatif jika digunakan secara berlebihan apalagi pada saat malam hari, salah
satunya menyebabkan pola tidur yang terganggu. Pola tidur yang terganggu dapat
mengganggu konsentrasi belajar anak pada saat di sekolah. Tujuan penelitian,
untuk mengetahui gambaran penggunaan smartphone dan bermain game
terhadap pola tidur anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah deskriptif korelasional yaitu, pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
adalah anak usia sekolah dasar di UPT SPF SDN Garuda Makassar yaitu
sebanyak 55 siswa. Hasil, dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Uji Chi
Square dimana penggunaan smartphone dan pola tidur nilai p = 0,000 , bermain
game dan pola tidur nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan,
Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone dan bermain
game terhadap pola tidur anak usia sekolah dasar di UPT SPF SDN Garuda
Makassar

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Smartphone,Bermain Game,Pola Tidur
Subjek: Keperawatan > Keperawatan Anak
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Keperawatan
Depositing User: Hardiyanti Arif
Date Deposited: 03 Aug 2025 07:37
Last Modified: 03 Aug 2025 07:37
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item
View Item