Sahrah, Kanesa Latifa (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK DR.SAHARJO SH RUTAN KELAS 1 KOTA MAKASSAR TAHUN 2024. Diploma thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.
![[thumbnail of KTI Kanesa Lativa Sahrah.pdf]](https://repository.iikpelamonia.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI Kanesa Lativa Sahrah.pdf
Download (4MB)
Abstrak
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapannya. Pelayanan kefarmasian di Klinik merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, dan sangat penting pada peningkatan mutu pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di klinik Dr Sahardjo SH Rutan Kelas 1 Makassar 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dianalisis menggunakan kuesioner dengan total random sampling sebanyak 75 responden. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan terbesar pada dimensi jaminan (82,18%) termasuk dalam kategori puas, kepedulian (80,8%) termasuk dalam kategori puas, ketanggapan (80,58%) termasuk dalam kategori puas, kehandalan (80,53%) termasuk dalam kategori puas, dan yang terakhir dimensi bukti fisik (76,42%) termasuk dalam kategori puas. Sehingga presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Dr Sahardjo Sh Rutan Kelas 1 Makassar 2024 (80.1%) masuk dalam kategori puas.
Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Klinik
Tipe Item: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Diploma) |
---|---|
Kata Kunci: | Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Klinik |
Subjek: | Farmasi > Kefarmasian |
Divisions: | Fakultas Kesehatan : D3 Farmasi |
Depositing User: | Sahabuddin |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 03:03 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 03:03 |
URI: | https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/297 |