HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PEMERIKSAAN SADARI PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 7 MAKASSAR

Aulia, Rusmi (2025) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PEMERIKSAAN SADARI PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 7 MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of 202107044 skripsi rusmiaulia.pdf] Teks
202107044 skripsi rusmiaulia.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Latar Belakang: Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) merupakan
pemeriksaan yang dilakukan dengan menggunakan mata dan tangan untuk
menemukan adanya perubahan pada payudara yang dapat dilakukan
secara rutin di rumah tanpa memerlukan bantuan alat medis. SADARI
dilakukan pada hari ke 7-10 dari hari pertama menstruasi supaya pengaruh
hormon estrogen dan progesteron dalam keadaan rendah sehingga
jaringan kelenjar payudara tidak dalam keadaan bengkak dan
mempermudah dalam melakukan perabaan secara cermat.Tujuan:
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan
dengan sikap pemeriksaan SADARI pada remaja putri di SMAN 7
Makassar, Metode: penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif
analisis dengan pendekatan cross sectional (data dikumpulkan pada saat
waktu tertentu).Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling (pengambilan sampel di ambil secara acak dan sederhana)
sebanyak 84 responden siswi kelas X-XII di SMAN 7 makasar, dan data
didistribusikan menggunakan kuesioner berupa angket. Hasil: Ada
hubungan singnifikan antara tingkat pengetahuan dengan sikap
pemeriksaan SADARI pada siswi SMAN 7 Makassar yang di buktikan
dengan Uji Chi – square dengan nilai p value 0,000 (p < ,0.005).
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat
pengetahuan dengan sikap pemeriksaan SADARI pada siswi di SMAN 7
Makassar.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Pemeriksaan SADARI ,pengetahuan,sikap ,remaja
Subjek: Kebidanan > Edukasi Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Kebidanan
Depositing User: Rusmi Aulia
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:16
Last Modified: 31 Jul 2025 06:16
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item
View Item