ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD HAJI MAKASSAR

Saada, Nisawu Sajaratu (2025) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD HAJI MAKASSAR. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI NISAWU SAJARATU SAADA PDF.pdf] Teks
SKRIPSI NISAWU SAJARATU SAADA PDF.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Latar belakang, Penelitian ini didasari oleh pentingnya peningkatan
kualitas layanan kesehatan, khususnya dalam menghadapi era digital yang
terus berkembang. Salah satu inovasi dalam pelayanan kesehatan adalah
pemanfaatan teknologi digital seperti aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini
diharapkan mampu mempercepat proses administrasi, meningkatkan
akses informasi, serta memberikan kemudahan bagi pasien dalam
mengakses layanan kesehatan, khususnya pelayanan rawat jalan di rumah
sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efektivitas
penggunaan aplikasi Mobile JKN terhadap kepuasan pasien rawat jalan di
RSUD Haji Makassar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini
terdiri dari 332 responden, yaitu pasien rawat jalan pengguna aplikasi
Mobile JKN yang berobat di RSUD Haji Makassar pada tahun 2025. Hasil
dan kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara beberapa indikator efektivitas terhadap kepuasan pasien. Indikator
pencapaian tujuan menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan
pasien dengan nilai p = 0,002 (< 0,05). Indikator integrasi dan adaptasi juga
menunjukkan pengaruh signifikan masing-masing dengan nilai p = 0,020 (<
0,05). Selain itu, indikator method (SOP) berpengaruh terhadap kepuasan
pasien (p = 0,033 < 0,05), begitu pula dengan material (sarana dan
prasarana) (p = 0,019 < 0,05), dan machine (kendala) (p = 0,011 < 0,05).
Saran bagi pihak rumah sakit adalah untuk terus mengoptimalkan
pemanfaatan aplikasi Mobile JKN dan mengatasi kendala teknis yang
masih ada, guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien
secara menyeluruh

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: efektivitas, kepuasan pasien, Rumah sakit
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Administrasi dan Rekam Medis
Administrasi Rumah Sakit > Teknologi Informasi Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Nisawu Sajaratu Saada
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:06
Last Modified: 31 Jul 2025 02:06
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item
View Item