ANALISIS KAPASITAS SDM DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RST. TK IV. DR. M. YASIN WATAMPONE

Saputri, Ninda (2025) ANALISIS KAPASITAS SDM DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RST. TK IV. DR. M. YASIN WATAMPONE. Sarjana thesis, INSTITUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA.

[thumbnail of SKRIPSI NINDA _compressed.pdf] Teks
SKRIPSI NINDA _compressed.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Latar Belakang: Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RST. TK. IV. Dr. M. Yasin
Watampone merupakan unit pelayanan yang memiliki peran krusial dalam
menangani pasien dengan kondisi kegawatdaruratan. Selama tiga tahun terakhir,
lonjakan jumlah pasien menyebabkan beban kerja tenaga Kesehatan meningkat
dan fasilitas menjadi kurang memadai. Hal ini, berdampak pada penurunan kualitas
dan ketepatan waktu pelayanan. Yang belum memenuhi standar waktu tunggu
tanggap maksimal lima menit sesuai Permenkes No. 47 Tahun 2018. Oleh karena
itu, diperlukan analisis mendalam terhadap Kapasitas SDM untuk mendukung
peningkatan kualitas pelayanan IGD secara menyeluruh. Tujuan Penelitian, ini
bertujuan untuk menganalisis Kapasitas SDM meliputi 5 indikator Kapasitas
Pengetahuan, Kapasitas Keterampilan, Kapasitas Perilaku dan Etika Kerja,
Kapasitas Tanggung Jawab, dan Kompetensi Sumber Daya melalui upaya
peningkatan kualitas pelayanan IGD berdasarkan 5 indikator, yaitu Keandalan,
Terukur, Responsivitas, Jaminan dan Empati. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif yang berupa
kata-kata tertulis atau lisan, dengan jumlah informan dalam penelitian ini di peroleh
melalui observasi wawancara mendalam yang dilakukan pengamatan secara
langsung dan studi dokumentasi selama penelitian berlangsung. Hasil dan
Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas Sumber Daya Manusia
(SDM) di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RST. TK. IV. Dr. M. Yasin Watampone
masing kurang optimal, terutama dalam pengetahuan, keterampilan, etika kerja,
tanggung jawab dan kompetensi. Kekurangan ini berdampak pada kecepatan
respon dan kualitas pelayanan yang belum memenuhi standar waktu respon lima
menit yang diatur dalam Permenkes No. 47 Tahun 2018. Saran pihak rumah sakit
menambah jumlah tenaga medis di IGD sesuai dengan beban kerja, serta
menyelenggarakan pelatihan rutin dan evaluasi kinerja secara rutin. Selain itu,
penyediaan fasilitas yang memadai juga perlu menjadi perhatian agar pelayanan
gawat darurat dapat berjalan secara optimal dan professional.

Tipe Item: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Sarjana)
Kata Kunci: Kapasitas SDM, Kualitas Pelayanan, Instalasi Gawat Darurat (IGD), Layanan Kesehatan.
Subjek: Administrasi Rumah Sakit > Manajemen dan Pelayanan Kesehatan
Administrasi Rumah Sakit > Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit
Divisions: Fakultas Kesehatan : S1 Administrasi Rumah sakit
Depositing User: Ninda Saputri
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:55
Last Modified: 31 Jul 2025 01:55
URI: https://repository.iikpelamonia.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item
View Item